Pembagian Hasil Buruan

Posting Komentar
Aesop

Singa pergi berburu bersama tiga binatang lainnya. Bersama-sama, mereka mengepung dan menangkap rusa. Dengan kesepatan bersama tiga binatang lainnya, singat membagi hasil buruannya menjadi empat bagian yang sama besar. Ketika setiap hewan mau mengambil bagiannya, singa menghentikan mereka.

ilustrasi dibuat oleh Milo Winter (1886-1956).

"Tunggu," kata singa, "Karena aku adalah anggota dari tim berburu, maka aku menerima satu bagian. Dan karena aku dianggap raja hutan, maka aku juga menerima bagian yang kedua. Kemudian, karena aku berani dan kuat, aku menerima bagian yang kedua. Nah, bagian yang keempat ini, jika kalian ingin berdebat denganku tentang siapa yang berhak memilikinya, mari kita mulai. Kita lihat siapa di antara kita yang berhak mendapatkannya."

Semua terlalu serakah jika sudah terkait soal pembagian keuntungan.

Nb. Hasil menerjemahkan dari Aesop's fables berjudul "The Lion's Share". Pesannya sangat bagus.

Lilih Prilian

Related Posts

Posting Komentar