Brutu Itu Apa Sih?

Posting Komentar
Brutu itu apa? Pertanyaan remeh temeh itu teringang-ingang di benak saya. Bagi saya jawaban dari pertanyaan itu mudah saja, karena saya orang Jawa dan brutu itu bahasa Jawa.

Gambar sate brutu.
Gambar sate brutu ayam. Credit: FB.

Saya berpikir lagi, bagaimana orang-orang yang ada di luar Jawa sana? Jawaban dari pertanyaan itu variatif, tergantung apakah orang itu mengerti atau nggak. Jadi apa itu brutu?

Brutu adalah bagian tubuh ayam yang terletak di bagian belakang dekat dengan kloaka. Tapi brutu bukanlah kloaka. Brutu bagian pucuknya (pant*t ayam, bukan as*h*le ayam) yang biasa ditumbuhi bulu-bulu ekor.

Apa bahaya brutu? Menurut mitos yang berkembang di Jawa (entah di tempat lain), makan brutu bisa bikin lupa. Beberapa orang ini berbahaya. Bagaimana jika habis makan brutu orang lupa pada istri / suaminya? Tentu bahaya dong, ya kan? Tapi saya punya logika lain terkait lupanya makan bturu membuat lupa ini (silakan baca postingan saya: Alasan Kenapa Brutu Bikin Lupa!)

Meski begitu, brutu juga menjadi bahan makanan dari berbagai resep - seperti resep sate brutu (Talesketep) dan nasi goreng brutu. Yah, meskipun jarang juga pedagang yang menjualnya, karena brutu  sudah terlanjur punya mitos begitu.[]

Related Posts

Posting Komentar