Pengalaman Instal CWM di Tablet Lenovo A3300GV Kitkat OS

Posting Komentar
Tablet Lenovo A3300GV milik saya kembali berulah. Sinyal GPS-nya tiba-tiba raib. Tidak abu-abu, apalagi biru. Bila saya membuka Google Maps, selalu muncul permintaan untuk menyalakan GPS. Padahal GPS sudah saya hidupkan. Jaringan WiFi yang diberikan pun rasanya tidak kurang – 3G dan 4G. Alamak!

Pengalaman pribadi Lilih Pedia menginstal CWM recovery di tablet Lenovo A3300GV OS Kitkat.

Saya berpikir untuk mem-flashing tablet butut itu, mengingat ada firmware aslinya versi Jelly Bean. Kemudian, saya akan nge-root ulang.

Setelah diflashing, saya berpikir masalah GPS akan hilang. Nyatanya tidak. GPS tetap raib. Putus harapan, saya pun memeriksa pembaruan sistem, dan menemukan bahwa adanya pembaruan yang sebaiknya dilakukan. Iseng-iseng saya meng-upgrade-nya. Dan OS tablet meningkat, dari Jelly Bean menjadi Kitkat. Si titik biru GPS pun muncul kembali.

Yang jadi pertanyaan saya adalah bagaimana cara root tablet Lenovo A3300 GV Kitkat ini? Sama seperti sebelumnya, saya menggunakan aplikasi bernama Kingroot.

Tapi saya berniat menggantinya dengan SuperSu. Karena itu saya membutuhkan recovery modifikasi seperti TWRP atau CWM.

Awalnya saya berniat memakai TWRP. Sialnya, TWRP yang saya pakai sebelumnya hanya cocok untuk OS Jelly Bean. Hasilnya bootloop. Saya harus flashing ulang -_-” dan me-root-nya kembali dengan Kingroot.

Sebelum menginstal recovery modifikasi, saya mencari informasi di Google terlebih dulu tentang recovery yang cocok untuk Lenovo A3300GV OS Kitkat. Ada tiga pilihan ternyata: TWRP, Carliv Touch, dan CWM.

Saya menuju blog Rohan (goo.gl/LTrKSZ). Dalam artikel tersebut disebutkan jika dia adalah orang yang memodifikasi TWRP 2.8.0 agar kompatibel dengan Lenovo A3300GV OS Kitkat. Hanya saja, dia menyebutkan bahwa TWRP buatannya belum sempurna, masih ada kekurangan. Saya mundur. Malas bootloop lagi dan mengulang semua dari awal. Makan waktu.

Di lain artikel Rohan juga menyebutkan tentang Carliv Touch yang telah dimodifikasinya. Menurutnya recovery ini lebih stabil dibandingkan TWRP. Hanya saja, saya masih asing dengan Carliv Touch. Jadinya, saya urung memakainya.

Saya mencari ke blog lain dan menemukan blog AndroidZacky (goo.gl/fvJZnA). Dalam artikel ini, recovery yang ditawarkan adalah CWM recovery dan kita dituntun mengenai tata cara penginstalannya. Akhirnya saya mencobanya, dannn... it's work for me!

Setelah CWM berhasil diinstal, saya pun mengganti root Kingroot ke SuperSu dengan sangat mudah. Hapus Kingroot >> masuk ke menu CWM recovery >> instal SuperSu (googling aja caranya).

Oiya, menurut blog AndroidZacky, CWM ini bisa digunakan juga untuk Lenovo A3300HV.

Related Posts

Posting Komentar